Fungsi dan Manfaat Factory Reset Protection di Android

Factory Reset Protection (FRP) -  FRP adalah sebuah sistem keamanan dari google untuk pengguna android. Android yang mempunyai sistem FRP di mulai dari Android 5.0 (Lolipop) keatas. Seperti namanya Factory Reset Protection (FRP) akan memproteksi atau melindungi smartphone android agan dengan cara meminta user untuk melakukan konfirmasi email google yang sebelumnya tersinkronasi dengan smartphone android tersebut.

Fungsi dan Mamfaat Factory Reset Protection di Android


Fitur FRP ini mulai diterapkan pada sistem operasi android versi Lolipop ke atas, Tapi untuk versi Ice Cream Sandwitch  ketika handphone android kita terkunci akibat kita terlalu banyak melakukan kesalahan pada saat membuka lockscreen, maka kita cukup melakukan reset data handphone android tersebut ke pengaturan pabrik, setelah itu kondisi handphone pun sudah kembali seperti baru.

Manfaat Factory Reset Protection (FRP) di Android :

Manfaat FRP  bagi pengguna android adalah untuk melindungi smartphone android agan ketika smartphone hilang. Dengan FRP orang lain tidak akan bisa sembarangan melakukan factory reset dan menggunakan smartphone agan tanpa memasukkan email yang sebelumnya sudah terhubung dengan smartphone tersebut.

Sebenarnya fitur Factory Reset Protection (FRP) pada Android ini mirip dengan fitur find my Iphone atau iCloud Activation Lock. Dengan hadirnya fitur FRP ini akan membuat pengguna android merasa lebih aman karena akses ke ponsel kesayangan mereka sangat dibatasi untuk pengguna-pengguna yang tidak sah.

Bagaimana mencegah agar hp Android kita nantinya tidak mengalami masalah Factory Reset Protection (FRP)? syaratnya agan tidak perlu mengaktifkan fitur kunci layar (lockscreen) pada Android dan juga hapus semua akun Google di Android sebelum melakukan proses wipe atau factory reset. Namun seandainya Android sudah terlanjur mengalami Factory Reset Protection (FRP), maka solusinya cukup mudah yakni hanya perlu masuk atau Login menggunakan akun Google yang aktif di smartphone tersebut.


0 Comments